4 Tanaman Paling Ampuh Usir Nyamuk Demam Berdarah

Demam berdarah sedang melanda berbagai wilayah di Indonesia. Hal tersebut karena sekarang merupakan musim penghujan, dimana banyak genangan air yang bisa digunakan nyamuk Aedes aegypti untuk berkembang biak dengan cepat.

Perlu kalian semua ketahui ada beberapa cara alami yang ampuh untuk mengusir nyamuk demam berdarah tersebut. Dan beberapa diantaranya sangat mudah dijumpai di sekitar kita. Apa saja tanaman yang ampuh sebagai pengusir nyamuk demam berdarah tersebut, berikut ulasannya.

4 tanaman yang ampuh untuk mengusir nyamuk demam berdarah


#1 Serai wangi

tumbuhan pengusir nyamuk demam berdarah

Tak hanya dapat digunakan untuk penyedap makanan dan minuman, serai juga terbukti ampuh untuk mengusir nyamuk. Oleh karena itu, tidak heran jika lilin aromaterapi atau lotion antinyamuk sering menggunakan serai sebagai bahan utamanya. Untuk mengusir nyamuk, serai dapat ditanam di bawah jendela sekitar rumah. Ini dipercaya dapat menghalangi nyamuk untuk masuk ke dalam rumah, khususnya melalui jendela.

#2 Jeruk purut

cara alami mengusir nyamuk

Jeruk purut merupakan salah satu tanaman yang dibenci oleh nyamuk. Dengan menanam jeruk purut di halaman rumah Anda, dipercaya dapat melindungi daerah taman dari bersarangnya nyamuk. Ketika pohon tersebut mulai menghasilkan buah, Anda juga dapat memetik dan mengambil perasan jeruk purut dan diletakkan di dalam kamar.

#3 Geranium

bunga yang tidak disukai nyamuk

Bunga geranium tidak disenangi nyamuk karena kandungan geraniol dan sitronelol yang ada di dalamnya. Tak heran, menanam geranium dapat melindungi keluarga Anda dari gigitan nyamuk jahat. Untuk menanamnya, Anda dapat dengan mudah meletakkannya pada pot dan dan disimpan pada meja tamu di rumah. Selain menghindarkan Anda dari nyamuk, tanaman ini juga dapat dijadikan tanaman hias karena bentuknya yang menawan.

#4 Zodia

obat nyamuk alami

Tanaman asli dari Papua ini dipercaya paling ampuh dibandingkan dengan tanaman lain dalam mengusir nyamuk. Kandungan di dalam tanaman ini dipercaya dapat menghalau nyamuk lebih dari 70 persen. Selain itu, daun zodia dapat digunakan untuk mengurangi gatal dan bentol akibat gigitan nyamuk demam berdarah. Tanaman ini dapat ditanam di sela-sela bunga dan semak belukar di taman.

Keempat jenis tanaman di atas adalah beberapa alternatif alami yang ampuh untuk digunakan mengusir nyamuk demam berdarah. Kalian bisa menanamnya di pekarangan rumah atau di taman. Nilai tambahnya lagi, tanaman tersebut ada yang bisa digunakan untuk tambahan bumbu masak serta sebagai tanaman hias.

Komentar :

Posting Komentar